17.4.18

MATERI PELAJARAN SEKOLAH : RECOUNT TEXT

Recount Text adalah salah satu jenis text dalam bahasa Inggris yang menceritakan kembali tentang kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau. Tujuan dari Recount Text adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur pembaca sehingga tidak terdapat konflik.
1.        Macam-macam Recount Text :
a.         Personal Recount
Yaitu menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis
b.         Factual Recount
Yaitu laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan, laporan kepolisian.
c.         Imaginative
Yaitu membuat cerita imaginative lalu menuliskan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.
2.        Struktur  Recount Text adalah sebagai berikut :
a.         Orientation
Yaitu pengenalan berupa memberikan informasi tentang siapa, dimana dan kapan peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lampau.
b.        Events
Yaitu merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti : "In the first day... . And in the next day... . And in the last day... ." Pada bagian ini terdapat juga komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
c.         Reorientation
Yaitu pengulangan pengenalan yang ada di orientation, pengulangan tentang rangkuman peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
3.        Ciri Kebahasaan Recount Text
Pada saat membaca Recount Text, akan ditemukan ciri-ciri kebahasaan sebagai berikut :
a.         Menggunakan kalimat dalam bentuk  Past Tense.
Contoh : We went to Bandung last year, I was very happy.
b.        Menggunakan Action Verbs.
Contoh : went, bought, wrote, slept, dll.
c.      Menggunakan Adverbs and Adverbial Phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara.
Contoh : yesterday, at school, quickly, dll.
d.   Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian.

Contoh : but, and, after that, dll.

Berikut contoh beberapa recount text beserta artinya
A Trip to the Zoo
Yesterday my family went to the zoo to see the elephant and other animal. When we got to the zoo, we went to the shop to buy some food to give to the animals. After getting the food we went to the nocturnal house where we saw birds and reptiles which only come out at night. Before lunch we went for a ride on the elephant. It was a thrill to ride it. Dad nearly fell off when he let go of the rope. During lunch we fed some birds in the park. In the afternoon we saw the animals being fed. When we returned home we were tired but happy because we had so much fun.

Artinya:

Perjalanan ke Kebun Binatang


Kemarin keluargaku pergi ke kebun binatang untuk melihat gajah dan hewan lainnya. Ketika sampai di kebun binatang, kami pergi ke toko untuk membeli makanan yang akan aku berikan langsung kepada hewan. Setelah mendapatkan makanannya, kami pergi ke rumah nokturnal dimana kami dapat melihat burung dan reptil yang hanya keluar pada malam hari. Sebelum makan siang, kami pergi untuk mengendarai gajah. Sungguh mengasyikkan dapat mengendarainya. Ayah hampir terjatuh saat melepaskan tali pegangan yang diberikan. Saat makan siang, kami memberi makan beberapa burung di taman. Sore harinya, kami melihat hewan-hewan itu diberi makan oleh petugas. Ketika kami kembali ke rumah, kami lelah tapi bahagia karena kami bersenang-senang.



“Man Charged with Pushing Old Woman Down Bus"

SINGAPORE – The man who pushed an old woman down a bus along Upper Thomson Road has been charged in court. Twenty-five-year-old Ong Kok Hao is accused of hurting 76-year-old Hwang Li Lian Nee Lye on bus service number 167 at about 3pm on June 5 this year. Ong is said to have used his right hand to push the old woman on her back, causing her to fall on the steps of the bus. The incident was captured in a two-minute video and uploaded on YouTube. The video shows Ong suddenly flying into a rage at Madam Hwang for pressing the bell at the last-minute along Upper Thomson Road. A shouting match then ensued and during the heated spat, Ong threatened to slap the woman, before pushing her down the bus.
Ong’s lawyer Eddie Koh will be making representations to the court. The case will next be mentioned in December.

Artinya:

“Seorang Pria Dihukum Karena Mendorong Wanita Tua dari Bis"


SINGAPURA – Pria yang mendorong wanita tua dari bis di sepanjang jakan Upper Thomson Road telah dihukum di pengadilan. Ong Kok Hao yang berusia 25 tahun dituduh melukai Hwang Li Lian Nee Lye yang berusia 76 tahun pada bis dengan nomor layanan 167 pada pukul 3 sore pada tanggal 5 Juni tahun ini. Ong dikatakan telah menggunakan tangan kanannya untuk mendorong wanita tua itu pada punggungnya, kemudian menyebabkannya jatuh di tangga bis. Insiden tersebut ditangkap dalam video berdurasi dua menit dan diupload di YouTube. Video tersebut menunjukkan bahwa Ong tiba-tiba marah pada Nyonya Hwang karena menekan bel di detik-detik terakhir saat akan turun di sepanjang Upper Thomson Road. Sebuah teriakan kemudian terdengar akibat pertengkaran yang memanas, Ong mengancam akan menampar wanita itu, sebelum mendorongnya ke luar dari bis.
Pengacara Ong Eddie Koh akan membuat pembelaan ke pengadilan. Persidangan selanjutnya akan dilakukan pada bulan Desember.



Theatre Ticket

Last week I went to the theatre. It was the only theatre at my town. I had 1 free ticket to watch a movie. I had no idea about the movie I would like to watch and I did not know the schedule of that theatre. So that, I just wanted to come and see if there was any good movie. I parked my motorcycle at the parking area and I walked slowly at the hall of the theatre. I took my ticket on my wallet and go to the information section to ask about how to use the ticket that day. Unfortunately, I missed it. The ticket was already expired 2 days before. I went home and I was very disappointed about that.

Artinya:

Tiket Bioskop


Minggu lalu aku pergi ke bioskop. Bioskop itu merupakan satu-satunya bioskop yang ada di kotaku. Aku memiliki satu tiket gratis untuk menonton satu judul film. Aku tidak tahu film apa yang akan aku tonton dan aku sama sekali tidak tahu jadwal film yang akan ditayangkan di bioskop itu. Maka dari itulah, aku hanya ingin datang saja dan melihat-lihat jikalau ada film yang bagus. Aku memarkir motorku di area parkir lalu berjalan perlahan di hall bioskop itu. Aku keluarkan tiketku dari dalam dompet lalu pergi menuju ke bagian informasi untuk menanyakan penggunaan tiket tersebut. Sayang sekali, aku melewatkan kesempatan tersebut. Tiketku telah hangus sejak dua hari sebelumnya. Aku pulang ke rumah dan sangat kecewa dengan kejadian itu.


Thief
Three days ago, I went to the traditional market to buy some fruits and vegetables. In that market, I saw an accident, there was a thief beaten by a lot of people. It was so terrible. I didn’t want to take closer and see. A few minutes later, police came and took him.
I asked to the fruit seller what had happened actually and she said that the thief tried to steal someone’s wallet but he was unlucky. Someone saw him and shouted loudly and suddenly some people roughed him up hardly.
It was a pity event and I hoped it would never happen again.

Artinya:

Pencuri


Tiga hari yang lalu aku pergi ke pasar tradisional untuk membeli beberapa buah-buahan dan sayuran. Di pasar tersebut aku melihat kejadian suatu musibah, seorang pencuri dihajar masa. Peristiwa itu sangat mengerikan. Aku tidak ingin pergi mendekat untuk melihatnya. Beberapa menit kemudian polisi datang dan mengamankan pencuri itu.
Aku bertanya pada penjual buah tentang peristiwa itu dan penjual tersebut menjelaskan kalau ada pencuri yang mencoba mencuri dompet seseorang dan ia tidak beruntung. Seseorang melihat aksinya lalu berteriak kencang dan tiba-tiba beberapa orang menghajar pencuri tersebut hingga babak belur.
Peristiwa itu sungguh menyedihkan dan aku berharap hal semacam itu tak akan terulang lagi.


Falling from tree

When I was kid, I felt out of my friend’s mango tree. At that time, my friends and I wanted to eat mango in front of my friend’s house. The tree was very high. We could not climb it because at that time we were little.
Because no one dared to climb the tree, I braced myself to climb it. I knew that I could not climb the tall tree. However, I want to show them that I was great. Then I climbed the tree. Having reached the top, I started looking for fruit which I would take. I saw my friends from the bottom praised me. “Great, you are awesome!” said one of my friends. “Fetch the fruit!” begged my friend. Then I tried to reach the fruit. However, when I was about to pick it up, the trunk where I stand broken. I felt from the tree. “Gubraaakk” My body crushed the ground. I cried in pain. I see blood was coming out of my head.
At that moment, I was ushered by my friend to my home. They told my mother that I fell out of a mango tree. Then my mother treated my wounds. Until now the wound is still seen in my arm. Every time I see it, I remember my childhood that careless and love to be praised.

Artinya:

Jatuh dari pohon


Di saat aku masih kecil aku pernah terjatuh dari pohon manga milik temanku. Waktu itu aku dan teman-temanku ingin memakan buah manga yang ada di pohon di depan rumah temanku. Pohon itu sangatlah tinggi. Kami tidak bisa menaikinya karena pada waktu itu kami masih kecil.
Karena tidak ada yang berani menaiki pohon itu, aku pun memberanikan diri untuk menaikinya. Aku tahu bahwa aku tidak bisa memanjat pohon tinggi itu.Namun aku ingin menunjukan kepada mereka bahwa aku hebat. Lalu ku panjatlah pohon itu. Setelah sampai di atas aku mulai mencari buah mana yang akan di petik. Aku melihat teman-temanku memuji ku dari bawah . “wah hebat sekaili kamu!” seru salah satu temanku. “ambilkan buah yang itu!” pinta temanku. Lalu aku berusaha meraih buah itu. Namun, ketika aku hendak mengambilnya, batang tempat aku berpijak patah. Akupun jatuh dari pohon itu. “Gubraaakk” tubuh ku mengahantam tanah. Aku menangis kesakitan. Ku lihat darah keluar dari kepalaku.
Saat itu juga aku diantar oleh temanku pulang kerumah. Mereka memberitahu ibuku bahwa aku terjatuh dari pohon manga. Lalu luka ku di obati oleh ibuku. Sampai sekarang luka itu masih terlihat di lenganku. Setiap kali aku melihatnya aku mengingat masa kecil ku yang ceroboh dan suka sekali dipuji.


New Year Holiday Story
The last school holiday, I spent the time with my family on vacation to a relative's house in Madiun, approximately 6 hour trip by bus from our home in Malang. On the way there, we saw many beautiful views such as rice fields, mountains, etc. Having arrived at the uncle's house, we were greeted by our relatives who had not met us for a long time. The next day, we walked around the town of Madiun until the sky got dark. Finally we decided to go home at 6:00 p.m. on that day.
On the next day, I forgot that it was the New Year. Sudenly, one of my cousins ​​came and asked me to celebrate the New Year's Eve together. At night, I went together with him to the center of the city of Madiun which had already been so crowded because a lot of people who also wanted to celebrate the New Year with his family. When the countdown arrived, the sky which was dark at once then became so colorfully decorated by fireworks. We prayed together and watched the fireworks lightening the sky that night.
Suddenly, the holiday passed quickly. The last New Year's holiday experience in the city of Malang was so impressive for me.

Artinya:

Cerita Liburan Tahun Baru


Liburan sekolah yang lalu, aku menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berlibur ke rumah saudara di Madiun, kurang lebih 6 jam perjalanan menggunakan angkutan bis dari rumah kami di Malang. Dalam perjalanan kami melihat banyak pemandangan yang indah seperti sawah, gunung ,dll. Sesampainya di rumah paman, kami disambut oleh saudara-saudara kami yang sudah lama tak bertemu kami. Keesokan harinya, kami jalan-jalan mengelilingi kota Madiun sampi langit mulai gelap. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang pada pukul 18.00 pada hari itu.
Di hari berikutnya, aku lupa bahwa hari itu adalah tahun baru. Tetiba salah seorang sepupuku datang dan mengajak untuk merayakan malam pergantian tahun bersama. Di malam harinya aku pergi bersamanya ke pusat kota Madiun yang sudah ramai sekali karena banyak orang yang juga ingin merayakan tahun baru bersama keluarganya. Saat perhitungan mundur tiba, langit yang tadinya gelap sekarang menjadi warna-warni dihiasi oleh kembang api. Kami berdoa bersama sambil menyaksikan kembang api yang menerangi langit malam itu.
Tak terasa libur pun berlalu dengan cepat. Pengalaman libur tahun baru yang lalu di kota Malang sungguh mengesankan bagiku.


Fishing
Yesterday l was going to the lake. It was the nice time for fishing because I had no work to do. I wake earlier at the morning then I went to the market place to buy some shrimps which I used for fishing bait. After that, I went to the lake to start fishing.
At that lake, I looked for the best point to fish. I went to the place under the big tree at the bank of the lake. I threw my hook as far as I can then I wait for the fish eating my bait. 30 minutes left and finally there was a fish ate my bait. It was the first big enough fish that I got. I got 10 big fish and 3 small fish at that day. I was so happy. I would cook that fish at home and then I would call my friends to come to my home then we would have a small party. But I was not lucky enough because on the way home I saw a beggar. He was an old poor beggar. I gave all of my fish to him and I wish he would be happy getting that fish. Perhaps he could sell them at the market and get some money to buy some food.
Even I did not have any fish after that, I was so happy because I could help people.

Artinya:

Memancing


Kemarin aku pergi ke Danau. Hari itu merupakan hari yang tepat untuk memancing karena aku sedang libur kerja. Aku bangung pagi-pagi lalu pergi ke pasar untuk membeli beberapa ekor udang yang akan aku gunakan sebagai umpan. Setelah itu, aku menuju ke danau dan mulai memancing.
Di danau itu, aku mencari tempat terbaik untuk memancing. Aku pergi menuju sebuah tempat di bawah pohon besar di tepi danau. Aku melempar kailku sejauh mungkin lalu menunggu ikan memakan umpanku. 30 menit berlalu dan akhirnya ada seekor ikan yang makan umpanku. Ikan itu merupakan ikan pertamaku yang berukuran lumayan besar. Aku mendapatkan 10 ekor ikan berukuran besar dan 3 ekor berukuran kecil pada hari itu. Aku sangat senang. Aku akan memasak ikan-ikan tersebut di rumah lalu aku akan menelfon beberapa temanku agar datang ke rumah dan pesta kecil-kecilan. Tetapi aku agak kurang beruntung karena di tengah perjalanan pulang aku melihat seorang pengemis. Seorang pengemis tua. Aku memberikan semua ikan hasil tangkapanku kepada pengemis itu dan aku berharap ia senang menerimanya. Mungkin ia bisa menjual ikan-ikan itu di pasar dan mendapatkan uang untuk membeli makanan.
Meski aku tidak mempunyai ikan setelahnya, aku sangat senang karena aku bisa membantu orang lain.


Math Teacher
I had a very kind teacher at senior high school. He was math teacher. He was never angry at class even the students were lazy doing the homework. He always taught slowly so that we could have good understanding.
One day when I was at third grade, we all got bad news. Our best teacher passed away because of cancer in his head. We were so sad. There was no class that day. All teachers and students went to mourn and gave our last honour to him at the funerary event. We all were crying. We all were praying for him.
He left us forever but leaved a good knowledge for us to learn math in a good way. Thanks for him, for his kindness and wisdom as our teacher and also our father.

Artinya:

Guru Matematika


Aku mempunyai seorang guru yang baik hati di SMA. Beliau adalah seorang guru matematika. Beliau tak pernah marah di kelas meski kami semua merupakan murid-murid yang malas mengerjakan pekerjaan rumah. Beliau selalu mengajar dengan perlahan sehingga kami bisa memiliki pemahaman yang baik.
Suatu hari ketika aku telah duduk di kelas tiga, kami semua mendapatkan kabar buruk. Guru terbaik kami telah meninggal dunia karena penyakit kanker di kepalanya. Kami semua sangat berduka. Tak ada kelas pada hari itu. semua guru dan murid datang melayat dan memberikan penghormatan terakhir pada acara penguburannya. Kami semua menangis. Kami semua berdoa untuknya.
Beliau telah meninggalkan kami untuk selamanya sekaligus mewariskan sebuah pengetahuan yang baik bagi kami untuk belajar matematika dengan cara yang baik. Terimakasih kepadanya atas segala kebaikan dan kebijaksanaan sebagai guru sekaligus ayah bagi kami semua


Vacation to Goa Lawa
Last week we went to our parents’ house at Trenggalek. We went there by the train started from Yogyakarta and stopped at Tulungagung station. There is no train station at Trenggalek. Therefore after arrived at Tulungagung we continued our vacation by bus to go to Trenggalek. We was so happy because we did not visit there yet for a long time. We stayed there for three days and we had a plane to go to some tourism place.
The most interesting thing from our vacation that time was at the second day we visited Lawa cave. Lawa is Javanese terms which means cave bat and that is true that the cave is the home for thousand bats. We went there with the whole family so that the trip was so fun. My grandma was 80 and she was so excited and still powerful to go inside the cave. We could find a river in that cave and the water was so cold. To go deeper inside the cave we need light so we rented a lamp and hire a guide for our safety. After 4 hours explored the cave, we felt tired and we went out. At the outside of the cave then we searched for the local restaurant and had a nice launch.
That was so very interesting family holiday we had done together.

Artinya:

Liburan ke Goa Lawa


Minggu yang lalu kami pergi mengunjungi orang tua kami di Trenggalek. Kami berangkat dari Yogyakarta dengan menggunakan kereta api dan berhenti di kota Tulungagung. Tidak ada stasiun kereta di Trenggalek dan oleh karena itulah setelah kami tiba di Tulungagung kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus. Kami sangat senang karena sudah sangat lami kami tidak berkunjung ke sana. Kami tinggal di sana selama tiga hari dan kami telah menyusun rencana untuk bepergian ke beberapa tempat wisata.
Hal yang paling menarik dari liburan kami adalah pada hari kedua kami pergi ke goa Lawa. Lawa merupakan bahasa jawa yang artinya adalah kelelawar dan memang benar bahwa goa tersebut merupakan rumah bagi ribuan kelelawar. Kami pergi kesana bersama seluruh anggota keluarga. Nenekku yang berumur 80 tahun tampak sangat bersemangat dan masih kuat untuk menelusuri ke dalam goa. Kami mendapati sebuah sungai di dalam goa dan airnya sangat dingin. Untuk menjelajah ke dalam goa, kami membutuhkan lampu penerangan dan kamipun menyewanya serta menyewa seorang pemandu demi keselamatan kami semua. Setelah 4 jam menjelajahi goa, kami sangat lelah dan akhirnya keluar dari goa itu. Sesampainya di luar, kami mencari restoran lokal dan menikmati makan siang yang enak.
Liburan tersebut merupakan liburan kami sekeluarga yang sangat menyenangkan yang telah kami alami bersama-sama.


Farming
The last holiday i went to my grandma’s home. Her home is quite awesome, so far away from the city and close to the vegetables farm area. My grandma and grandpa are farmers. I spent two days there and I did so many interesting things in the farm, helping my grandpa planted vegetables.
At the first day, I learned to plant spinach. What I did was moving out the young spinach from the seeding area to the plantation area. I thought it was easy, but in fact, it was tiring. I had to move those one by one under the sun. I did that for several hours before launch and continued until afternoon. In the night, i didn’t want anything except sleeping. I was really tired but it was fun. I couldn’t wake up in the morning until my grandma knocked at my door. He laughed at me because what I did was not hard actually if compared with the real farmer. Then, before we went to the farm again, my grandma had prepared for breakfast. After eating I follow my grandpa going to the next field. We would do daily treatment for the 1 month age spinach. We had to give them enough water and checked if there were any caterpillars and grasshoppers.
At the third day, I had to back home. I was sad to leave my grandma and grandpa. But, that’s fine because the next holiday I would go there and see them again.

Artinya:

Bertani


Terakhir kali aku liburan, aku berkunjung ke rumah nenek. Rumahnya cukup keren, jauh dari perkotaan dan sangat dekat dengan area pertanian sayur. Kakek dan nenekku adalah seorang petani. Aku menghabiskan dua hari menginap di sana dan aku juga melakukan banyak hal menarik di sawah, membantu kakekku menanam sayuran.
Pada hari pertama, aku belajar menanam bayam. Yang aku lakukan adalah memindahkan bibit bayam dari media penyemaian ke area penanaman. Kukira hal itu mudah dilakukan, ternyata, menanam bibit bayam sangat melelahkan. Aku harus memindahkannya satu persatu dibawah terik matahari yang panas. Aku melakukannya beberapa jam sebelum makan siang, lalu melanjutkannya sampai sore hari. Pada malam harinya, tak ada yang ingin kulakukan kecuali tidur. Aku sangat lelah namun yang kulakukan sangat menyenangkan. Aku tidak bisa bangun di pagi harinya sampai nenekku mengetuk pintu. Dia menertawakanku karena yang aku lakukan sebenarnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan yang dikerjakan petani sungguhan. Kemudian, sebelum kami berangkat ke sawah lagi, neneku telah menyiapkan sarapan. Setelah sarapan aku mengikuti kakekku pergi ke sawah berikutnya. Kami akan melakukan perawatan rutin pada tanaman bayam yang telah berumur satu bulan. Kami menyiraminya dan mengecek jika ada ulat atau belalang.
Di hari ketiga aku harus pulang. Aku merasa sedih karena harus meninggalkan kakek dan nenekku. Tapi tidak apa-apa karena liburan berikutnya aku akan mengunjungi kakek neneku lagi.



Artikel Lainnya